Profil 1000 Guru Sulsel

Home / Profil / Profil 1000 Guru Sulsel

1000 Guru Sulsel merupakan Regional pertama Gerakan 1000_Guru di Indonesia Timur yang resmi didirikan pada tanggal 18 juli 2014 dan di-koordinatori oleh Andi Appi Patongai. Diawal terbentuknya, Regional Sulsel terdiri atas Tim Inti yang berasal dari latar belakang Pendidikan dan Profesi yang berbeda-beda namun memiliki kesamaan tujuan untuk ikut ambil andil dalam “Mencerdaskan Kehidupan Bangsa”.Kami menapak pedalaman dan pelosok negeri untuk turut mengembangkan semangat pendidikan anak Sekolah Dasar. Saat ini, 1000 Guru Makassar telah berubah nama menjadi 1000 Guru Sulsel dengan harapan bisa mencakup seluruh daerah pedalaman di Sulawesi Selatan. 1000 Guru Sulsel bukan berarti komunitas yang beranggotakan 1000 orang Guru akan tetapi nama 1000 Guru dimaksudkan bahwa SIAPAPUN bisa menjadi pendidik tanpa harus menyandang gelar guru. Disini semua kalangan tanpa batasan profesi kesehariannya bisa ikut merasakan menjadi seorang Guru Sehari di pedalaman/pelosok negeri. 1000 Guru Sulsel dalam menjalankan kegiatannya dikoordinasikan oleh satu orang ketua, 1 wakil ketua, dan 1 sekretaris serta 3 divisi inti yang masing-masing memiliki fungsi penting dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan, adapun divisi tersebut yakni :

  1. Divisi Kreatif Divisi ini memiliki andil dalam persiapan seluruh materi dan media untuk kegiatankegiatan di 1000 guru sulsel. Baik kegiatan inti seperti Travelling and teaching maupun kegiatan Smart Centre dan SBMP. Dalam prosesnya, setiap materi dan media yang akan digunakan akan melalui proses screening agar memiliki efektivitas dan manfaat yang sesuai dengan tujuan 1000 guru sulsel tetapi tetap fun dan atraktif bagi adik-adik di sekolah tujuan
  2. Divisi Rekruitmen Salah satu divisi yang memegang peranan penting dalam kegiatan-kegiatan 1000guru sulsel. Divisi ini mempersiapkan dan mengatur proses rekrutmen di 1000guru sulsel. Selain rekrutkmen untuk relawan travelling and teaching, divisi ini juga bertanggung jawab untuk pemberdayaan relawan pasca kegiatan TNt dengan kegiatan-kegiatan lainnya.
  3. Divisi Publikasi dan Dokumentasi Divisi ini bertugas untuk mensosialisasikan kegitan-kegiatan 1000 Guru kepada pihak lain serta mencari informasi terkait sekolah pedalaman yang layak untuk dikunjungi. Divisi ini juga bertugas untuk mendokumentasikan atau mengabadikan setiap kegitan-kegiatan 1000 Guru.